Membuat Optimal kawasaki Ninja 150 tanpa oprek mesin

Posted: February 7, 2014 in motor
Hay Bro , Lama tak jumpa entah kapan terakhir saya menulis di blog ini , pada akhirnya saya berkesempatan lagi untuk menulis dan berbagi pengalaman saya seputar kendaraaan roda 2, khususnya kawasaki ninja 150. sesaui dengan judul disini saya akan memberikan tips-tips bagai mana caranya agar si kuda besi kita tidak lemot di putaran bawah samapai menengah, karna selama yang ini saya rasa seperti itu kasusnya. Butuh 4 tahun untuk menemukan solusi ini (kadang sesuatu yang ingin kita capai butuh pengorbanan dan waktu .:D ), tapi sebelum masuk ke dalam pembahasan , saya mohon maaf kalau ternyata cara saya ini mungkin tidak bisa di terapkan ke beberapa pembaca disini , cara ini cuma bisa di terpakan dalam keadaan mesin normal , tidak ada korek2an, semua part2 yang di pakai orginal, dan semua kelengkapan atau part2 pendukung masih utuh. saya tidak tau kalau dalam prakteknya nanti ternyata cara yang saya pakai ini tidak berhasil pada kendaraan bro-bro semua, entah itu salah setting lah atau mungkin ada yang perlu di utak-atik sedikit pada part yang lain, yang mungkin tidak saya sebutkan dalam pembahasan ini. Tapi selama ini , cara yang saya pakai ini dapat bekerja Optimal , dengan syarat dana ketentuan seperti di atas. baiklah untuk bahan-bahan yang di butuhkan dan part2 pendukung yang perlu ada : 1. Membran 4-6 lembar 2. Box Filter beserta busanya 3. Pilot Jet 25-27.5 4. Nozzle Karburator Setelah bahan-bahan terkumpul saatnya bekerja.:D Disini kenapa kita butuh membran (reed valve) , karna pada dasaranya step pertama adalah double membran, terus kanapa mesti harus sampe enam???, baiklah begini alasannya , kalau kita bicara double membran dan kita cari2 ilmunya ( google pastinya ) pasti identik dengan di potong setenganya, atau membuat lubang pada membran dasar baru di tutup dengan membran satunya lagi, cara tersebut tidak salah , karna mungkin memang beda spek dengan yang saya bahas ini , kenapa saya butuh emam membran , karna nantinya antara membran dasar dan yang di buat double saya kasih skat lagi, jadi antara membran dasar dan membran pendoublenya tidak langsung bersentuhan, karna ada sekat tadi , nah mebran ke 5 dan ke 6 ini lah yang saya buat jadi penyekat antar membran tadi , dengan cara memotong dan mengambil membran yang ada lubang baud nya, karna nantinya disitulah sekat kira pasang. untuk lebih jelasnya lihat gambar saja.
xxxxxxxxxxxx

Untuk Membran bagian bawah sama persih dengan yang di atas
Untuk Membran bagian bawah sama persis dengan yang di atas
nah mengertikan maksud dari gambar saya kenapa saya butuh sampe 6 membran, tapi sebenrnya 4 sudah cukup karna sebenarnya ada sisa membran potongan yang masih bisa di pakai buat penyekat, tetapi kita harus membuat lubang dulu agar bisa di baud dan dapat terpasang kembali. memang terlihat agak sedikit boros sih, tapi demi hasil, tapi kalau tidak mau sampe 6 membran 4 saja cukup, asal mau telaten.hehehehe oke setelah perubahan pada membran selesai, kita ke step berikutnya, yaitu karburator , kenapa di sini saya butuh 2 pilot jet dan 1 nozzle karna untuk tiap motor biasanya kebutuhan akan suplay bensin di putaran bawah berbeda2 makanya nantinya silahkan di sesuikan PJ mana yang menurut bro-bro semua cocok, kenapa naik 1-2 step yah karna kebiasaan anak ninja gak suka dengan knalpot std pabrik.hehehehe lalu untuk apa nozzlenya , nah disinilah kunci dimana biar tarikan terus terisi dari bawah sampe atas, dan gejala LAG nya ilang ( tarikan mendadak kalau udah masuk 6000 RPM), ujung nozzle di gerinda setenganya, ujungnya aja. buat jelasnya lihat gambar yah.
nozzleCut 
kenapa saya potong, yah seperti yang sudah saya sebutkan tadi , Ninja RR kalau sudah mulai masuk 6000 RPM kadang-kadang pas dari RPM rendah mau masuk ke RPM tinggi berasa di sentak , karna dipotong inilah tenaga yang di hasilkan jadi lebih halus , dan menjadikan tenaga merata dari bawah samapai atas. sebenernya cukup pake bawaan nozzle karbunya , tapi kalau sayang-sayang yah silahkan beli satu lagi buat cadangan. Oke , membran sudah , Karbu sudah, selanjutnya Box Filter. Untuk Box Filter sendiri sebenarnya tidak otak-atik pun tidak masalah, tapi kadang-kadang pada tiap-tiap motor beda kebutuhan, seperti saya punya , di box filter saya harus di lubangi beberapa bagian , yah lebar lubangnya seukuran paralon yang biasa ada di kran kamar mandi, atau garasi depan rumah, cukup 1-2 lubang saja, tujuannya agar pasukan udara agak lega, karna saya masih pakai busa filter, kenapa saya tidak melepas busa filter???, karna banyak efek buruknya , dan dapat meruabah kevakuman yang ada di dalam box filter itu sendiri, jadi bisa2 apa yang sudah kita lakukan pada step-step sebelumnya tidak berhasil. setalah semua step kita lalui , terus kita sudah pasang lagi ke dalam motor kita, jangan lupa stel kembali pompa oli, setelannya sesuai std pabrik yah, gak usah di borosin, apalagi pake acara borosin dikit aja, justru salah kaprah itu.kalau kita memakai oli samping dengan std pabrik , justru idelanya yah setalannya std gak kurang gak lebih , jadi PAS, tapi kalau yang pake motul boleh di iritin dikit gak banyak-banyak. Oke sekarang kita telaah dari apa yang sudah saya jelaskan di atas , kenapa membran cara mendoublenya seperti itu, lalu nozzle di potong dan box filter mesti pakai busa dan di kasih beberapa lubang di tutup bagian atas box filter. Membran yang di double dengan cara di atas secara tidak langsung menaikan tinggi stopper , dan juga tidak membebani membran dasar untuk membuka optimal di putaran bawah karan tidak langsung tertekan oleh membran pendobelnya, sehingga bukaan membran bisa jadi lebih tinggi dan gas baru yang di hisap jadi lebih banyak. Nah kenapa box filter di kasih bebrapa rongga tambahan, gunanya itu tadi untuk membantu mengoptimalkan daya hisap dari dalam ruang mesin, karna membran yang terbuka tadi jauh lebih lebar, maka bahan bakar dan udara pun yang terhisap akan lebih banayak, kalau cuma salah satu saja  yang berlebihan , otomatis motor jadi ga enak kan rasanya. Dan pada saat putaran tinggi membran akan tetap stabil membuka dan menutupnya karna tertahan oleh membran yang satunya lagi. Jadi secara langsung tenaga yang di hasilkan akan maximal dan merata dari bawah sampai atas. Mau di bawa bejeg-bejeg gas oke, mau di bawa santai dan di urut-urut gas nya ayo-ayo aja. Silahkan rasakan sensasinya. DENGAN CATATAN MESIN MASIH LAYAK PAKAI, SEHER/RING/BLOK MASIH DALAM KONDISI WAJAR , BARET DIKIT TIDAK MASALAH , DAN RUANG KRUKAS TIDAK TERJADI KEBOCORAN, PENGAPIAN BAGUS. sekian tips dan penjelasan dari saya , semoga bermanfaat yah, kalau masih ada salah-salah kata, yah harap maklum, namanya juga blogger NewBiew.Hehehe
Comments
  1. bayu says:
    Gan, bagi foto membran yg dh jadi dong, maksudnya membran disitu lidahnya aja kan gan?
    Untuk ukuran potong juga kurang spesifik brp panjangnya.
    Mau nyobain nih.
  2. […] Membuat Optimal kawasaki Ninja 150 tanpa oprek mesin […]
  3. agcyber says:
    thanks bro sangat membantu sekali…
  4. what says:
    Samasama
  5. Alvin says:
    Bro… kalo karbunya udah di ganti apa melakukan penambahan membran masih bisa di lakukan ??
  6. iwan says:
    Apakah ilmu ini sodara impelementasikan thd motor sodara dan gmna hasilnya?
    saya cukup tertarik dengan ilmu sodara
    • azisemokids says:
      kebetulan apa yang saya tulis di blog ini berdasarkan pengalaman saya, dan masukan dari teman2 juga. yang saya rasakan terhadap motor saya, saya merasa motor masih sanagat bagus dengan umurnya yang udah 10 tahun, dan suku cadang yang kebanyakan masih bawaannya om.
  7. Denny Sukra says:
    untuk needle jet/nozzle/mj_holder enakan mana ya? primary atw bleeder?
    untuk tinggi needle_jet shroud apakah ada hitung”anny?
    apa bedany needle_jet shroud antara 2T sm 4T?
    lbh baik needle jet shroud dpapas atw dbolongin?
    • azisemokids says:
      -waduh klw di tanya mana yang enak saya gk bisa jawab om, sebab mungkin itu lebih ke subyektif masih2 orangnya kali yh om.
      -untuk tingginya hitungan pastinya saya belum pernah om, tapi dari pengalam saya pribadi , saya cukup potong 1/3 nya aja.
      -hmm bedanya needle_jet shroud antara 2T sm 4T, jujur saya gk tau om , karna ngelmunya belom sampe situ.
      -nah kalau masalah di papas atau di bolongin , jujur saya belum pernah experimen yang di bolongin , kalau yang di papas yah memang yang selama ini saya pakai om.
      maaf om kalau masih kurang jelas, maklum otodidak.heheh
  8. dicky says:
    Kalo lidah membrannya pake imitasi yg utk doublenya gimana bro???trus stopper nya gak di rubah sama sekali ya ukuran nya…??
    • azisemokids says:
      wah kalau pake imitasi gak rekomended bro, belum kebukti ketahanannya , kalau mau experimen sih silahkan.hehehe
      wah kalau masalah stoper saya belum pernah utak-atik bro, kalau di double emang ane gk pernah utak-atik itu stopper bro.
  9. om mau nanya, hole/lubang nozzle standar ninja berapa yah ???
  10. emulelay says:
    mas” bro temen ku bru bli ninja RR thun 2015…. udah 1 bulan di pake… yng bikin heran oli smping ny boros bnget 2 minggu habis dan asap knlpot ny parah bngt… stelan pompa oli udah iritin di bnkel resmi… tpi msih aj ngebul ny parah kira2 ap ny ya mas” masalah ny?…
  11. emulelay says:
    mas bro” trima ksih untuk jawabn ny…. tpi sprti untuk pnyetelan pompa oli sy lihat sudah sejajar segaris — pd saat gas di tarik sampe mntok…. yng sy takut kn siel kruk as ny yng jebol tpi klu di pikir lgi kan mtor bru 1 bulan masa sudah jebol… solusi ny gi mn ya mas??…
    • azisemokids says:
      hmm gitu yah om, udah coba di telusuri selang oli samping yang dari tempat oli samping ke pompa oli samping, pastikan tidak ada kebocoran.
      owh yh lupa 2 minggu jarak yang di tempuh berapa km om, cz klw ukuran oli standart itu 1 liter bisa sampai 1500km.
      • emulelay says:
        Mtor nya cuma di pake krja….. Jrak ny pun ngg terlalu jauh…
        Pulng pergi bensin cukup 1 liter.. Poko ny ngebul di knalpot itu parah bngt biar pun mesin sudah panas… sy juga heran mas bro… Tenk’s untuk jawabn ny..
  12. soen says:
    gan kl untuk ninja lama yang tanpa superkips bisa gk ya?
    • azisemokids says:
      bukannya kalau ninja lama yang belom pakai superkips enak dari bawah sampai tengahnya yh om, klw atasnya emang denger2 agak nahan om, tapi boleh di coba aja om.:D
  13. emulelay says:
    Ninja RR thun 2015 warna merah hitam … Oli samping boros bnget, 1 bulan smpe 4 botol… Bingung saya ap produk gagal ya..
  14. emulelay says:
    Mas bro.. Klu shock blakng ninja RR… sm tidak y dngn ninja R ?…
  15. emulelay says:
    Iy mas bro… Mmng beda tpi harga shok ninja RR itu hrga ny di atas 2 jutaan’….
    Yng pingin sy tanykan shok motor ap yng cocok dngn ninja RR ??… Ap vikion atau satria ..? Mohon bntuan ny mudah2 ms bro tahu….. Tenk’s
  16. Ajie Bores says:
    itu membran pendoublenya dipotong setengahnya atau sama dengan membran utama?
  17. nanda says:
    Mas itu nozzel nya yg dipotong yg atas ato bawah
    Thanks
  18. goenk says:
    Ada pin bb atau no.tlp mas biar sy bs tnya untuk lbih lanjutnya? Hehe
    Soalnya ninin sy stelah gnti knalpot g dapet2 settingannya,syukur2 sy bs ktmu masnya langsung,akselerasi brebet,tarikan atas berat,ninja r,pj udh naek 1-2 step,mj br cb naek 1 step,membran udh pke kx85,tp ttep g dapet,pngen cb terapin tips mas azis tp g brani bongkar sndiri,, hehe
  19. Mamet says:
    Om membran nya pake merk apa ??
  20. bambang says:
    nanya dong klo ninja rr 2014 klo ditarik lemot apanya yaa bang..??
    RPM susah cepet naik… klo buat jalan atasnya gk asik apanya yaa.??
    by: bambang

Leave a Reply